PJOK Kelas V - Budaya Hidup Sehat

      Kita tahu bahwa kesehatan adalah hal yang paling penting dalam kegiatan sehari-hari. Apabila tubuh dalam keadaan sakit, maka kita tidak dapat melakukan kegiatan dengan baik, tubuh akan terasa lemah, lesu dan tidak dapat berbuat apa-apa. Apakah kamu ingin selalu dalam keadaan sehat? Mari kita jaga kesehatan dengan menghindari hal-hal yang membahayakan kesehatan tubuh kita. Merokok dan minuman keras adalah beberapa hal yang harus hindari. Merokok dan minuman keras mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. Ayo kita pelajari bahaya merokok dan minuman keras agar kita dapat terhindar darinya.

A.    Bahaya Merokok
Gambar 1: Rokok.
     Merokok dapat merugikan kesehatan. Merokok sangat membahayakan bagi tubuh manusia. Hal ini sesuai dengan peringatan badan kesehatan dunia (WHO) dalam slogannya “smoking or health, the choice is yours” (merokok atau kesehatan, anda pilih sendiri). Bahaya dari merokok untuk kesehatan manusia, di antaranya sebagai berikut:
1. Menimbulkan sakit jantung
2.  Sakit lambung
3.  Sakit batuk
4.  Salesma
5.  Kanker paru-paru

     Hal yang sangat berbahaya dari rokok adalah asapnya. Asap rokok menjadi sangat berbahaya ketika asap ini terhisap oleh tubuh dan meracuni darah serta perlahan merusak fungsi berbagai organ tubuh. Merokok yang dilakukan di tempat umum seperti di dalam bis, bioskop, kereta api atau ruangan kantor dan tempat-tempat yang lainnya akan sangat membahayakan orang lain yang berada di ruangan itu.
     Orang yang tidak merokok tetapi berada di dekat perokok disebut perokok pasif. Artinya, bahwa walaupun dia tidak merokok, tetapi dia menghisap asap yang dibuang oleh perokok. Oleh karena itu, hindarilah merokok jangan dicemari darah dengan asap rokok. Merokok tidak ada manfaatnya bagi kesehatan.
     Rokok sangat membahayakan, di dalamnya terdapat unsur-unsur yang sangat membahayakan bagi tubuh. Zat-zat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:
1.    Ter
2.    Nikotin
3.    Gas Karbondioksida (CO2)
4.    Gas Monoksida (CO)
5.    Asam sianida (HCN)
6.    Gas Nitrogenoksida (NO2)
    
     Unsur nikotin dan ter membahayakan organ tubuh manusia. Kedua unsur tersebut adalah penyebab utama terjadinya kanker paru-paru dan penyakit jantung. Ketika asap rokok dihisap sangat dalam, maka ter akan mengendap dalam bagian paru-paru dan juga akan masuk ke dalam darah. Zat tersebut akan menyebabkan perubahan pada selaput lendir atau permukaan sel paru-paru, lidah, tenggorokan, dan bibir. Lama-kelamaan akan dapat terbentuk sel kanker dalam tubuh kita.
     Nikotin sangat berbahaya dan sangat beracun. Nikotin dapat menaikkan denyut jantung dan meyempitkan pembuluh darah. Nikotin juga mempunyai dampak ketagihan bagi perokok. Setelah rokok dihisap, maka nikotin saat mencapai otak dan akan menjalar ke organ-organ tubuh yang lain.
     Gas Karbondioksida (CO2), Gas Monoksida (CO), Asam sianida (HCN), Gas Nitrogenoksida (NO2) merupakan gas yang yang sangat membahayakan saluran pernapasan. HCN dan NO2 dapat merusak sel-sel saluran pernapasan, sedangkan CO dapat menurunkan kadar oksigen dalam darah. Zat-zat tersebut akan sangat mengganggu pernapasan yang sangat membutuhkan oksigen dan perlahan dapat merusak kerja jantung.

B.     Bahaya Minuman Keras

Gambar 2: Minuman keras.
     Minuman keras adalah minuman yang mengandung racun yang dapat merusak organ dalam dan susunan syaraf tubuh manusia. Minuman ini disebut minuman keras karena minuman ini mengandung alkohol yang sangat berbahaya dampaknya pada tubuh manusia. Jenis alkohol yang terdapat dalam minuman keras adalah jenis ethanol dan ethylakohol. Minuman keras terbagi dalam tiga golongan:
a.    Golongan A, dengan kadar alkohol 1 - 5 %. Contohnya bir, seperti anker bir dan bir bintang.
b.  Golongan B, dengan kadar alkohol 5 - 20 %. Contohnya jenis anggur kolesom, anggur buah, dan martini.
c.  Golongan C, dengan kadar alkohol 20 - 55 %. Contohnya Whisky, Vodka, Champagne, dan Brandy.

1.     Bahaya Penggunaan Minuman Keras
           Dalam setiap minuman beralkohol, terdapat kadar alkohol yang beragam. Akibatnya apabila seseorang meminum minuman keras yang beralkohol tinggi dan jumlah alkohol dalam aliran darah cukup banyak, maka dapat menyebabkan keracunan pada orang tersebut.
          Racun yang ditimbulkan dari efek minuman keras pun sangat bermacammacam. Akibatnya mulai dari pingsan, napas sesak, dan denyut jantung terganggu, hingga bisa mengakibatkan kematian secara tiba-tiba. Hal inilah yang seharusnya kita hindari. Jangan sampai karena rasa ingin coba-coba dapat berakibat buruk dan mengancam keselamatan diri sendiri.
     Selain itu juga, penggunaan minuman keras dapat mempengaruhi kehidupan sosial suatu lingkungan. Misalnya tidak jarang perkelahian remaja, kecelakaan lalu lintas, pencurian, dan tindakan kriminal lainnya disebabkan oleh seseorang yang mabuk karena minuman keras.
2.     Pencegahan, Pengobatan, dan Penanggulangan
a.      Pencegahan Penggunaan Minuman Keras
Hal-hal yang dapat dilakukan sebagai pencegahan penggunaan minuman keras adalah sebagai berikut.
1) Memberikan penerangan bahwa minuman keras dapat merusak otak dan susunan syaraf tubuh.
2) Memberikan contoh orang yang sering meminum minuman keras dapat mengakibatkan efek ketagihan, terganggu pikirannya, dan sulit untuk disembuhkan.
3)  Tidak bergaul dengan orang-orang yang teramati sebagai peminum minuman keras.
b.      Pengobatan Penanggulangan Penggunaan Minuman Keras
Jika seseorang sudah terjerumus senang minum minuman keras, maka pengobatan atau penanggulangannya adalah sebagai berikut.
1)      Dimasukkan ke tempat rehabilitasi orang yang ketagihan minuman keras.
2)      Mengatur pola makan yang sehat, sehingga diharapkan membuat tubuh menjadi lebih baik.
3)      Diarahkan agar aktif dalam kegiatan-kegiatan positif. Dengan demikian, diharapkan dapat terlupa dari kegiatan yang mengarah pada penyalahgunaan minuman keras kembali.

     Minum minuman keras merupakan salah satu bentuk pelanggaran hukum, apalagi jika sampai mengakibatkan mabuk. Bagi para penjual dan pemakai minuman keras jika ditangkap oleh pihak yang berwajib dapat dikenakan tindak pidana ringan.

     Oleh karena itu, sebaiknya kamu menolak dengan tegas apabila diajak oleh orang lain untuk mencoba minuman keras. Selain tidak ada gunanya, kamu pun akan berurusan dengan pihak berwajib.

Komentar

Postingan Populer